Sabtu, 25 November 2023

JAGOAN MENULIS, INI DIA TIPSNYA

"Didalam ruangan yang syahdu ditemani hangatnya kopi dan Sinaran mentari pagi, disini... mata hati dan fikiran kita terbuka bahwa diluar sana banyak hal luar biasa yang tercipta lewat goresan tinta."

 Salam sehat selalu sahabat semesta, Pers Release saat ini masih menjadi sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan opini positif pada masyarakat.
 
Biasanya Pers Release ini di buat oleh Bidang Humas yang mana bagian inilah yang menjadi ujung tombak bagi sebuah perusahaan ketika harus berhadapan dengan masyarakat secara umum dan media sosial pada khususnya.

Pers Release merupakan sebuah karya tulis  pendek yang didalamnya mencangkup seluruh maksud atau tujuan sebuah perusahaan yang disampaikan kepada khalayak sehingga  bisa diterima dengan baik serta menghindari informasi informasi yang menyesatkan yang mungkin saja terjadi.


Untuk membuat sebuah Pers Release yang berbobot dan berkualitas perlu adanya kemampuan profesional dari seorang penulis.
Lalu apa saja hal hal yang perlu diperhatikan saat membuat sebuah Pers Release yang berkualitas.

Mengutip dari sebuah pelatihan yang dinarasumberi Kediripedia pada Kamis, 2 November 2023 disebuah Gedung Mewah di Kota Kediri, ada satu hal penting bagaimana cara jago membuat tulisan. 
 
"Untuk menciptakan sebuah karya tulis yang berbobot maka harus mengandung enam unsur pokok, yaitu 5W + 1H", demikian ucap rekan Kediripedia waktu itu.

Apa saja unsur unsur penting dalam 5W+1H tersebut, demikian penjelasannya:

1. WHAT
W yang pertama adalah What atau Apa, lebih jelas apa yang ingin disampaikan oleh seorang penulis dalam karyanya, dalam hal ini adalah JUDUL dari sebuah Pers Release. Judul yang baik adalah ketika dari judul saja siapapun yang membaca sebuah tulisan sudah bisa mengetahui isi dan maksud secara keseluruhan.

2. WHERE
W yang kedua adalah Where atau dimana. Sebuah tulisan tentu akan terpercaya ketika terdeskripsikan secara jelas dimana sebuah informasi itu terjadi.

3. WHEN
W yang ke tiga adalah When atau kapan.
Ini sangat erat hubungannya dengan WHERE dan berkaitan erat antara tempat kejadian berpadu dengan waktu.

4. WHO
W yang keempat adalah Who.
Merupakan unsur yang tidak kalah pentingnya tentang siapa saja yang terlibat langsung dalam sebuah kegiatan sehingga perlu disampaikan dalam sebuah Pers Release ataupun sebuah laporan. Seorang tokoh yang fenomenal akan lebih menarik ketika foto yang kita sertakan sudah bisa menggambarkan seluruh tujuan sebuah program.

5. WHY
Biasanya dalam sebuah laporan maupun Pers Release sangat perlu untuk diketahui maksud dan tujuan apa sehingga diadakan sebuah program, dengan harapan siapapun yang membaca akan terpengaruh secara emosional.

6. HOW
Terakhir, unsur yang menjadi pamungkas sebuah karya tulis adalah How atau bagaimana. Semakin menarik seorang penulis mengaplikasikan ide, program, maupun informasi secara utuh namun singkat dalam bentuk tulisan semakin berkualitaslah hasil secara keseluruhan tulisannya, sehingga mampu menghipnotis masa.

Demikianlah tips singkat cara membuat sebuah laporan maupun sebuah Pers  Release yang baik dan selamat mencoba ya sahabat semesta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar